Posted by : Falin Nurul Rabu, 04 September 2019


Interview di Kurnia Ciptamoda Gemilang (Charles & Keith – Pedro)

Hi hi sobat Jobseeker, kali ini gue mau berbagi pengalaman gue interview di KCG sebagai Business Data Analyst.
Sebelumnya gue ngelamar pekerjaan tersebut di Jobstreet tanggal 11 Desember 2018, dan di panggil buat interview di tanggal 14 Dec 2018. Namun karena satu dan lain hal gue gak bisa dateng buat interview di tanggal 14 Dec 2018, akhirnya gue reply email Mba Asti dan request untuk di reschedule Hari senin nya tanggal 17 Dec 2018. Tapi sampe akhir bulan Dec 2018, berganti tahun 2019 gue masih belum mendapatkan email balesan untuk interview kembali. Setelah lama menanti, tepat Rabu 2 Jan 2019 sore, gue di tlp kemudian di email sama Mba Tanti untuk ikut psikotes Jumat 4 Jan 2019.
Gue prepare alat tulis dan browsing tentang KCG biar lancar aja gitu, kalo nanti langsung di interview, jadi udah tau tentang apa itu KCG (haha pede emang anaknya).
Dateng dengan niat 10 menit lebih awal, tapi nyatanya nyampe sana malah udah lewat 3 menit dari jam seharusnya. Pas gue dateng jujur sih pertamanya gue bingung karena lokasi nya itu berada di area perumahaan. Nyempil gitu loh, tapi untungnya di depan gerbang masuknya ada security yang standby dan di posnya pun ada logo KCG. Gue nuker KTP di pos di ganti dengan kartu visitor. Kemudian gue di arahin ke lokasi tes, lokasinya gak jauh lah dari jalan depan (bukan masuk yang lewat tangga atau lift ya). Pas gue masuk disana udah full (sisa satu kursi) wah pas banget nih, padahal di belakang gue ada juga yang lagi nuker KTP.
Ruangannya menurut gue sangat kecil sih untuk ukuran peserta tes 20an orang. Setelah gue pun masih ada sekitar 4 orang yang dateng loh, dan 2 orang sampe pisah ruangan di ruangan interview.
Setelah menunggu sekitar 15 menitan, hadirlah para HR. Kemudian langsung menjelaskan mekanismenya, dan membagikan lembar soal dan jawaban untuk psikotes.
Tes pertamanya tes pilihan ganda, ada 50 soal yang dikerjaain dalam waktu 20 menit. Setelah tes itu lanjut tes kedua tes yang memiliki dua pernyataan, dan pilih satu pernyataan mana yang paling mendekati dengan diri kita. Lanjut setelah tes kedua, adalah tes menggambar orang dan menggambar pohon.
Setelah selesai tes kita di panggil masuk sekitar 4-5 orang buat interiview sama HRnya keruangan samping. Sistem interviewnya unik sih menurut gue, walaupun menjadi kurang kondusif juga sih. Ohya, yang interview itu gak cuma dari satu posisi aja, pas gue tanda tangan absen, posisi Business Data Analyst cuma ada 4 orang, sisanya ada yang Part Time, ada yang Fashion Design, dll. Terhitung lumayan lama sih gue pas di panggil, dan orang yang udah selesai interview di perbolehkan untuk langsung pulang (gitu kata kenalan gue yang udah masuk interview duluan).
Sampai lah akhirnya nama gue di panggil buat interview. Pas gue masuk keruang interviewnyanya ternyata 1 HR meng-interview 1 candidate, cuma dalam ruangan yang sama, makanya kenapa gue bilang menjadi kurang kondusif. But, Alhamdulillah gue lancar untuk interview sama HR nya, walaupun sempet 2 kali agak budeg karena suara Mba Asti (yang interview gue) lebih kecil dan saking ramenya ada interview disana. Pertanyaannya simple semua sih menurut gue, kaya misalnya jobdesc nya di perusahaan yang sekarang seperti apa, terus pertanyaan seputar keluarga, 5 tahun kedepan akan menjadi seperti apa dll. Di selingan saat interview Mba Asti nanya “hari ini cuti atau balik ke kantor?”, gue bilang “saya lagi cuti mba” karena memang lagi cuti sih, terus dia nanya lagi “mau langsung interview sama Usernya gak?”, terus karena gue tidak mendenger itu dengan baik, gue malah jawab gini dong “Oh, kira kira kapan di kabarin ya mba untuk bisa dapet kepastian buat interview sama usernya”, terus Mba Asti jawab lagi dengan sabarnya “Ini saya WA Usernya dulu ya. Biar kamu gausah cuti cuti lagi, jadi sekalian aja interview user ya, gpp kan”. Seneng sih dan ngucap di dalem hati, wah alhamdulillah cepet banget prosesnya bisa langsung interview user. Selesai lah gue dari sana jam 11.30an, kemudian gue disuruh nunggu jam buat jam set 3 interview dengan user (cukup lama ya gaes, maklum hari Jumat).
Gue balik sebelum Jam 15.00 dan langsung nyari Mba Asti, kemudian gue diajak ke lantai atas. Masuk melewati ruang kerja KCG yang rame dengan karyawan sana. Terus masuk ke ruangan meeting yang lumayan besar ketemu sama usernya. Berlansunglah interview gue tersebut, Interview yang sangat enjoy sih menurut gue. Sampai di tahap akhir muncul pertanyaan dari bapak User “kamu sekarang lagi apply di mana lagi, selain disini?”. Honestly, gue sangat bingung mau menjawab apa, hahaha.  Tapi akhirnya gue menjawab dengan jujur, “saya sedang proses di Nexsoft juga Pak, tinggal tanda tangan kontrak”. Kemudian entah kenapa dia menawarkan gue untuk posisi yang lain juga saat itu (sayangnya gue lupa posisi apa saat itu) tapi dari segi pekerjaan sama untuk menganalisa data juga sih.
Selesai lah interview gue dengann user saat itu, menunggu informasi lanjutan yang sangat terlambat. Karena akhirnya gue udah menjadi karyawan di tempat gue bekerja sekarang.


Good luck guys buat siapapun, yang ngelamar di posisi apapun. Semoga berjodoh di perusahaan impian kalian :D

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

© Queen Falin