Posted by : Queen Falin Sabtu, 05 Januari 2019

Hallo Sahabat Pembaca!!!

Gua mau share nih pengalaman gue interview di Indomobil Finance sebagai IT System Developer. Interview ini sebenernya udah lumayan lama sih sekitar Mei 2018 lalu dan baru gue share sekarang karena emang gua lagi pengen nulis aja sih hehehe. Interview langsung di Indomobil Tower, di Jl. MT Haryono Kav 11 – Cawang, Pukul 08.30.

Saat itu gue apply lowongan via Jobstreet dan dapet panggilan untuk psikotes via email, semacem invitation dari jobstreet gitu sih. Gue dateng 15 menit sebelum psikotes di mulai, nuker KTP dulu di bawah dan langsung ke Lt 13. Pas udah di lt 13, gue tanda tangan absensi di resepsionis dan langsung masuk ke dalem ruangan. Semacam ruang meeting gitu dan di situ ternyata emang udah rame ya, ada sekitar 60 peserta lainnya (kalo ga salah). Disana gue kanalan sama beberapa orang, yang ternyata ngelamar di posisi yang berbeda kaya account officer dan accounting treasury. Tapi psikotesnya tetep sama dan barengan ya.

HR pun tiba dan mulailah psikotes. Testnya ada beberapa tahapan gitu. Test yang pertama itu, soal pilihan dan essay kaya persamaan, lawan kata, matematika sebanyak 50 soal, dan di kasih waktu kalo ga salah 30 menit (lupa soalnya dah lama ya). Lanjut langsung test kedua itu test kraepelin gitu loh, yang gatau apa itu test kraepelin klik disini ya. Dan test ketiga itu test yang menentukan kepribadian kita sih kalo menurut gue, jadi kaya ada dua pilihan pernyataan, dan lo harus milih satu pernyataan aja, yang mana yang lu banget gitu dan di isi dengan melingkari panah atas atau bawah di kertas jawaban. 

Setelah psikotesnya selesai kita di suruh nunggu 30 menit untuk pengumuman.

Alhamdulillah saat itu hasilnya gue LULUS Psikotes. Hasilnya itu di umumin berdasarkan nomor urut yang di tulis di kertas jawaban kita (yang di itung di awal dari depan ke belakang). Candidate yang nomer urutnya gada di list langsung di perbolehkan untuk pulang. Setelah pengumuman kita yang lolos langsung interview sama HR nya, Cuma ini interviewnya borongan gitu loh (1 HR, 5 candidate).

Gue udah dag dig dug dong karena udah sampe yang terakhir kok nama gue belum di panggil, padahal tadi ada nomor urut gue lho, dan disana sisa 5 orang cowo (ngeri soalnya kan yang lain interviewnya 5 orang). Was was lah gue, apa iya gue salah. Dan akhirnya di panggilah lah nama gue dan bener aja kan interview sama 5 cowok itu barengan (jadi berenam), ngedown sih engga, cuma jujur ya gue minder banget. Yah nothink to lose lah ya.

Interview pun di mulai! Interviewnya simple sih, kita cuma di suruh memperkanalkan diri kita kaya nama, jurusan kuliah, lulusan mana, 3 pengalaman terakhir, dan apa alesannya mau bergabung sama IMFI. Sesimple itu sih, dan Alhamdulillah gue lancar memperkenalkan diri, karena gue yang pertama kali disuruh (syukurlah kalo yang terakhir pasti tambah ngedown karena ternyata ada candidate yang pekerjaannya dosen yang ngajar praktikum).

Setelah interview selesai seperti biasa kita di kasih info untuk nunggu panggilan dua minggu. Tapi Alhamdulillah lagi lagi gue ucapkan, karena siang Jam 13.28 WIB pas gue nyampe rumah gue dah dapet email lagi buat besok langsung technical test. Gue bener bener gada persiapan sih buat technical test itu, karena gue fikir ya sebatas test online mengenai teori doang (terlalu so pinter). Ternyata eh ternyata, tes nya ngoding dong, tapi ngoding di kertas. Ada 5 soal, tapi nomor satu itu soal 1a, sampe 1e jadi ada 10 soal yes! Ngoding aja gitu bikin angka berurut macem piramid dll lah ya. Saat selesai sih gue udah 60% pesimis! Oh iya itu gue technical test bareng lagi sama 6 cowo, 1 orang yang kemarin gue liat pas psikotes, yang 5 lainnya gue ga ngenalin sih (yang jelas bukan yang interview bareng gue). Yaudah gitu, selesai technical test, akhirnya kita disuruh nunggu lagi buat hasil tesnya. Dan setelah dua minggu hingga detik ini gue belum dapet lagi panggilannya, so kalian tau kesimpulannya lah ya.

Sekedar informasi dari HR nya sih waktu interview, “kalo misalnya nanti gada panggilan lagi atau kalian gagal, kalian bisa nyoba apply lagi setelah 6 bulan, karena data pelamar akan ada di databasenya IMFI selama 6 bulan tersebut.”



So! Good luck buat kalian yang akan test di Indomobil Finance!!! 

{ 6 comments... read them below or Comment }

  1. kalo boleh tau koding nya apa aja selain looping pyramid? database?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih ke coding basic sih, tapi maaf saya lupa soalnya seperti apa.

      Hapus
  2. Kak, maaf mau nanya.. Untuk psikotest nya apakah ada yang psikotest online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo kak, waktu saya tes sih psikotesnya belum ada psikotes online.

      Hapus
  3. Kak, apakah ada MCU setelah lolos psikotes ?

    BalasHapus
  4. Kak izin waktu interview jawabnya apa ketika kenapa mau gabung indomobil?

    BalasHapus

© Queen Falin